Belajar Komputer Dasar Dan Bahasa Pemrograman

Facebook

Tutorial Belajar Dasar Bahasa Pemrograman PHP : Materi 1

Sebelum belajar Dasar Bahasa Pemrograman PHP kita perlu tau bagaimana PHP tercipta dan anda pastinya harus sudah mengenal HTML , mengapa kita perlu tau tentang php sebelum mempelajarinya ? karena pengenalan adalah tahap penting sebelum tahap pendalaman, ini adalah artikel pertama yang masuk ke dalam kategori Pemrograman PHP dengan judul Belajar Dasar PHP di blog ini dan artikel ini adalah tulisan dari hasil belajar saya, semoga anda para pembaca akan mudah mengerti.

Jika sebelumnya sudah membaca artikel tentang dasar php lebih baik langsung saja ke materi berikutnya yaitu penggunaan variable dan konstanta pada pemrogramman php

  • Apa sih itu PHP?

PHP (Personal Home Page) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang di buat oleh seorang Software Develover asal Denmark/Greenland yang bernama Rasmus Lerdrof pada tahun 1995. Rasmus Lerdorf (di lahirhkan pada Tgl 22 November 1968 di Qeqertarsuaq , Greenland), Ide awal terbentuknya bahasa Pemrograman PHP ini adalah ketika Rasmus Lerdorf ingin mengetahui jumlah pengunjung yang membaca resume onlineya, saat itu script pertama yang berhasil di buatnya hanya dapat menjalankan dua pekerjaan, yaitu merekam informasi visitor dan menampilkan jumlah pengunjung suatu website dan hingga sampai saat ini kedua tugas tersebut masih tetap populer di terapkan oleh website-website besar saat ini. Kemudian setelah itu banyak orang yang mendiskusikan tentang script buatan Rasmus, hingga akhirnya Rasmus Lerdorf membuat sebuah bahasa pemrograman tersendiri yang bernama PHP (Personal Home Page) dan kemudian di kembangkan menggunakan bahasa C, sebuah perusaan Zend pada tahun 1997 menulis ulang interpreter php menjadi mudah di baca, bersih dan cepat kemudian pada tahun 1998 tepatnya bulan juni perusahaan zend merilis php versi ke 3.0 yang membuat kepanjangan php (personal home page ) menjadi (hypertext Preproccessor). Php memiliki 8 tipe data, yaitu Boolean, Integer, Float/ Double, String, Array, Object, Resource, dan Null

  • Bagaimana cara PHP dapat dijalankan?

Sebelum memulai belajar bahasa pemrograman PHP anda perlu tau bahwa tanpa sebuah web server sintag php tidak dapat di jalankan, Apache merukan sebuah web server yang dapat meng-eksekusi sintag dari file php. Rekomendasi dari saya Aplikasi Xamp adalah pack lengkap yang di dalamnya terdapat Apache, Mysql, dll dan mudah di install di komputer.

  • Struktur Bahasa Pemrograman PHP



  • Menjalankan php
untuk memulai php silahkan install aplikasi Xampp kemudian aktifkan apache dan msql setelah itu buatlah file baru di dalam folder "C:/xampp/htdocs/namafile.php" dengan extensi .php dan beri nama terserah anda, kali ini coba dengan nama "pesan.php" dan sebagai contoh kita akan menampilkan kalimat "Arian Saputra" cara penulisan kodenya sebagai berikut.



Penjelasan :
penulisan kode php harus di awali dengan sintag , echo adalah sintag untuk menampilkan kalimat atau pesan , sedangkan “Arian saputra” adalah pesan yang di tampilakan oleh sintag echo dan yang terakhir adalah titik koma ; menyatakan akhir dari suatu statements .

Contoh yang salah: silahkan anda copas script php di bawah ini



Simpan dan jalankan, sekarang apa yang terjadi? Error bukan? Sangat mudah di tebak dari penulisan kodenya, bisa kita simpulkan bahwa dalam penulisan bahasa pemrograman php harus adanya ketelitian, karena bahasa php ini adalah bahasa yang sensitive dengan besar kecilnya huruf (case sensitive).

  • Komentar

Seperti pemrograman lain php juga memiliki baris komentar yang digunakan untuk memberi deskripsi atau keterangan pada suatu baris, komentar tidak di tampilkan di browser dan tidak mempengaruhi program, komentar hanya berfungsi untuk memudahkan penulis kode dalam mengingat arti dari baris yang di tulisnya. Php memiliki 3 jenis sintag yang digunakan sebagai komentar yaitu tanda blok /* tulis komentar anda disini komentar ini dapat memuat beberapa beberapa baris tanpa batas */ , komentar dua baris // dan tanda pagar # untuk komentar satu baris.

Contohnya sebagai berikut :



Nah itulah cara penulisan kode komentar pada bahasa php,

Demikian postingan kali ini, saya rasa cukup untuk pengenalan saja tentang bahasa pemrograman php, bagaimana menurut kalian ? sangat mudah kan? Jangan patah semangat untuk bisa menjadi programmer indonesia yang baik karena programmer banyak di butuhkan dan mudah mencari pekerjaan.

Materi selanjutnya : penggunaan variable dan konstanta pada php
0 Komentar untuk "Tutorial Belajar Dasar Bahasa Pemrograman PHP : Materi 1"

Berkomentarlah dengan Sopan. :)

Back To Top