Belajar Komputer Dasar Dan Bahasa Pemrograman

Jenis-jenis dan Cara menggunakan operator dalam PHP | Arian Saputra

Operator PHP merupakan sebuah symbol yang digunakan untuk menulis suatu pernyataan (statement). Penggunaan operator sangat memudahkan setiap programmer di dunia untuk memfungsikan sebuah web/situsnya yang digunakan dalam perhitungan (kalkulator sebuah web), selain oprator matematika di dalam bahasa php terdapat banyak macam-macam dan jenis-jenis operator.
ada beberapa operator yang di gunakan dalam bahasa pemrograman php antara lain yaitu :

  1. Matematika
  2. Assignment
  3. Perbandingan
  4. Logika
  5. Increment dan Decrement
  6. Kombinasi
  7. Operator Ternary
  8. Operator Bitwise
  9. Operator Kontrol Error
  10. Operator Eksekusi

Jenis operator dalam php :
  1. Operator unary = yaitu operator yang melibatkan satu operand
  2. Operator binary = yaitu operator yang melibatkan dua operand
  3. Operator tertiary = yaitu operator yang melibatkan tiga operand

Operator akan mengeksekusi operand
Contoh operator : - + / X %
Contoh operand : 1234567890

Oke setelah semuanya di mengerti langsung saja ke pembahasan tentang operatornya masing-masing.

  • Operator matematika
yaitu : - pengurangan, + penjumlahan, * perkalian, / pembagian, % sisa pembagian.
contohnya :


Jadi Seperti itulah, mudah bukan?

  • Operator Assignment
Operator assignment adalah operator yang berguna untuk memasukkan nilai ke dalam variable. Ada tiga jenis operator assignment dalam Bahasa pemrograman php yaitu(Assignment by value,Assignment Array dan Assignment By reference), penjelasannya:


  1. Assignment by value “=”
  2. Ini adalah operator yang berfungsi untuk memberi nilai suatu variable yaitu dari kanan ke kiri contoh saat kita membuat nilai suatu variable $variabel = “nilai”; operator Assignment by value akan memasukkan nilai yang berada pada sebelah kanannya ke sebelah kirinya.
  3. Assignment Array “=>”
  4. Sesuai dengan namanya Operator yang ini berfungsi untuk memasukkan nilai ke dalam sebuah array, jadi ini operator yang akan kita gunakan nanti pada materi array.
  5. Assignment by refence “$b = &$a”
  6. Operator ini bisa dikatakan sebagai operator yang jarang di gunakan dan untuk menambah pengetahuan kita perlu tau bahwa php menyediakan fungsi ini, fungsi operator ini yaitu untuk menyalin nilai dari suatu variable,(seperti ini: $a = 1 ; $b = $a ;) karena disini variable $b saya isi dengan variabel $a maka nilai dari variabel $b akan sama dengan nilai variabel $a. Jadi seperti itulah fungsi dari operator ini yaitu menyalin isi/nilai suatu variabel, disini karena ada dua variable maka akan tercipta dua buah memory juga, dimana memory pertama akan menyimpan nilai/isi variabel $a dan variabel $b untuk memory yang kedua, contoh tadi bukanlah penggunaan operator assignment by reference namun seperti itulah cara kerjanya. operator assignment by reference menggunakan symbol dan “&” sebelum penulisan variabel, walaupun ada banyak variable yang menyalin isi dari variabel pertama menggunakan metode ini maka tidak akan membuat banyak memory itulah perbedaanya (hemat). Contoh assignment by reference

  • Operator Perbandingan
Operator perbandingan adalah operator yang digunakan untuk membandingkan dua buah nilai, contohnya kita bisa membandingkan dua buah variable dengan argument if dan else. Untuk materi if dan else akan kita lanjutkan pada postingan selanjutnya.

berikut adalah operator perbandingan
==       membandingkan nilai pertama dengan nilai kedua apakah sama atau berbeda, jika nialainya sama maka akan menghasilkan nilai benar.
===      membandingkan nilai pertama dengan nilai kedua apakah sama dan beserta tipe datanya, jika sama maka akan menghasilkan nilai benar.
!=       jika nilainya sama maka akan mnghasilkan nilai yang salah.
!==      jika nialainya sama(beserta tipe datanya juga sama) maka akan menghasilkan nilai salah.
<>       jika nilainya sama maka akan menghasilkan nialai yang salah.
<        jika isinya lebih kecil maka akan menghasilkna niali benar. >      jika isinya lebih besar maka akan menghasilkan nilai benar.
<=       jika isinya kurang dari atau sama dengan maka akan menghasilkan nilai yang benar. >=     jika isinya lebih dari atau sama dengan maka akan menghasilkan nilai yang benar.

Contoh :



  • Operator Logika
Merupakan operator yang membandingkan dua buah pernyataan-pernyataan yang kemudian bernilai true(benar) atau false(salah) tergantung dari hasil perbandingannya tersebut. Misalnya membandingkan pernyataan pertama yaitu 3 lebih kecil dari 2 dan pernyataan kedua yaitu 1 lebih besar dari 2.Nah disini kita gunakan saya akan contohkan dengan Salah satu operator logika yaitu “and” yang tugasnya menghasilkan nilai true jika kedua pernyataan tersebut benar dan jika tidak maka akan menghasilkan false.

Contoh dalam kode :



Operator Logika Adalah sebagai berikut:
  1. and &&
  2. Adalah operator yang akan menghasilkan nilai true jika kedua pernyataan bernilai benar dan jika salah satu saja dari pernyataan tersebut adalah salah maka akan menghasilkan nilai false.
  3. or ||
  4. Adalah operator yang akan menghasilkan nilai true jika kedua atau salah satu pernyataan adalah benar dan jika kedua pernyataan adalah salah maka akan menghasilkan nilai false.
  5. xor
  6. adalah kebalikan dari operator or

  • Operator Increment dan decrement
Operator ini digunakan untuk menambah atau mengurang satu angka nilai suatu variabel, operator ini biasanya di gunakan pada perulangan (looping) seperti “perulangan For” “Perulangan While”
  1. Increment : ++ gunakan ini jika ingin manambah.
  2. Decrement : -- gunakan ini jika ingin mengurangi.
Contoh penggunaan :



Operator ini bisa ditulis setelah dan sesudah penulisan suatu variable (contoh: $x++ atau ++$x) dan karena hal ini operator ini di bagi menjadi empat jenis yaitu :

postincrement  = $a++ (increment di tempatkan sesudah variabel)
preincrement   = ++$a (increment di tempatkan berada di sebelum variabel)
postdecrement  = $a-- (decrement di tempatkan sesudah variabel)
predecrement   = --$a (decrement di tempatkan berada di sebelum variabel)

Di balik posisinya yang berbeda ada maksud tertentu yaitu :
  1. Post  : memberikan hasilnya terlebih dahulu baru kemudian menambahkan/mengurangi.
  2. Pre   : Menambahkan/mengurangi terlebih dahulu baru kemudian menampilkan hasilnya.
untuk contohnya langsung saja di computer sobat.
  • Operator Kombinasi
Operator kombinasi merupakan gabungan antara beberapa operator. Contohnya operator increment dan assignment. Jika pada dasarnya operator increment berfungsi untuk menambah satu angka saja. Nah dengan adanya operator kombinasi kita bisa menambah 2 angka atau lebih pada prosses increment dengan gabungan operator Increment dan operator assignment.
  1. Operator increment $x++
  2. Operator Assignment =

contoh : Kombinasi Increment dengan Assignment $x+=6

  • Operator Ternary
Operator ini adalah operator yang akan melakukan menilai ekspresi 1, berdasarkan hasil penilaian tersebut jika dinyatakan benar (true, not null, 0) maka ekspresi 2 akan dieksekusi, jika hasil penilaiannya salah maka ekspresi 3 yang akan dieksekusi. Saya logika kan dengan contoh menghitung beda selisih 2 bilangan.


  • Operator Bitwise
Operator bitwise merupakan operator yang disediakan untuk mengerjakan proses logika untuk bilangan biner. Bilangan biner adalah jenis bilangan yang hanya terdiri dari 2 angka, yaitu angka (nol)0 dan (satu)1. Apabila operand yang digunakan dalam operator ini bukan merupakan bilangan biner, maka kemudian akan dikonversi ke bilangan biner secara otomatis oleh PHP.

Berikut adalah beberapa operator bitwise :
>>  menggeser sebanyak nilai yang ada di sebelah kanan ke kiri dan setiap satu kali pergeseran adalah kelipatan dua.
<<  menggeser sebanyak nilai yang ada di sebelah kanan ke kanan dan setiap satu kali pergeseran adalah di bagi dua.
~   akan mengubah nilai awal menjadi kebalikannya seperti 0 ke 1 atau 1 ke 0.
^   akan bernilai 1 jika salah satunya bernilai 1, dan akan bernilai 0 jika kedua nilainya 1.
Contohnya Adalah :



  • Operator Kontrol Error
Operator ini adalah operator yang di gunakan untuk menyembunyikan pesan error di browser jika ada kesalahan pada penulisan sintag, operator tersebut adalah dengan tanda “@”. Apabila tanda “@” ini digunakan sebelum ekspresi, otomatis pesan error akan disembunyikan. Jika feature track_errors enable, maka setiap pesan error yang dihasilkan oleh ekspresi akan disimpan dalam variabel global $php_errormsg.
Contohnya Adalah :



  • Operator Eksekusi
Adalah operator yang di gunakan untuk menjalankan perintah shell (System Operasi) perintah ini akan di jalankan dan di tampilakan di browser uhntuk sementara operator ini hanya berjalan pada unix linux dengan server Apache. disimpan di dalam variabel dan kemudian di tulis dengan backticks (``)
Contohnya :



Materi berikutnya : array dalam php
2 Komentar untuk "Jenis-jenis dan Cara menggunakan operator dalam PHP | Arian Saputra"

Berkomentarlah dengan Sopan. :)

Back To Top