Belajar Komputer Dasar Dan Bahasa Pemrograman

Facebook

Belajar Array Di Dalam PHP | Arian Saputra

Di dalam postingan sebelumnya kita telah membahas sedikit tentang tipe data serta penggunaannya, dan di postingan kali ini kita akan belajar tipe data bentukan ini (Array) di dalam bahasa pemrograman PHP sedetail yang saya pelajari.

Sebelum masuk ke materi ini anda sebaiknya sudah Mengenal Variable dan konstanta serta Tipe data di dalam bahasa pemrograman php, jika sudah mari kita lanjutkan kepada pembahasan kita ini mengenai mengenal array didalam bahasa pemrograman php.

Tipe data yang bernama array merupakan sebuah tipe data bentukan bisa berupa integer atau string dan bisa menampung banyak data ilustrasinya seperti sebuah table pada absensi sekolah yang memiliki banyak kumpulan data nama mahasiswa serta jenis kelaminnya dan lain-lain kemudian selain itu juga memiliki urutan yang bisa kita sebut dengan index , dan untuk memanggil suatu data kita cukup memangil indexnya saja , contohnya pada sebuah absensi sekolah Budi bernomor absensi 5 dan pada saat itu pak guru sedang menyuruh mahasiswanya mengerjakan sebuah tugas di papan dengan menyruh absensi nomor 5 , pada saat itu pak guru bicara “yang nomor absen 5 maju kerjakan tugas di papan” kemudian setelah itu karena Budi bernomor absen 5 maka Budi maju kedepan dan mengerjakan tugasnya. Dan seperti itulah data di panggil dalam array namun Index atau urutan di dalam array tidak dimulai dari 1 namun dari 0 namun ada juga yang yang dari 1. Ada dua jenis array yaitu array satu dimensi dan array multi dimensi kedua jenis tersebut sangat sederhana namun bisa sangat berguna saat anda mempelajari mengenai database.
Cara pendeklarisian sebuah array dan cara menampilkannya (ingat!!! Bahwa sintag echo berfungsi untuk menampilkan output ke browser) adalah sebagai berikut :


Array satu dimensi :

Array satu dimensi jika di ilustrasikan adalah sebuah tabel namun dalam bentuk tidak lengkap karena di array ini indexnya hanya berupa seperti kolom saja dan tidak memiliki baris.
  • Array yang indexnya di mulai dari 0 dan nomor indexnya diisi manual :
Array ini merupakan bentuk array yang paling sederhana dari array lainnya karena dalam pemanggilan datanya yang sangat mudah dan hampir seperti variabel biasa, jenis array yang seperti ini lebih mudah di pahami oleh pemula.

Pendeklarasian :



Menampilkannya :



  • Array yang indexnya di mulai dari 1 dan nomor indexnya diisi secara otomatis :
Seperti keterangannya di atas bahwa array yang seperti ini kita tidak perlu memberi nomor indexnya pada saat di deklarasikan namun nomor indexnya akan di mulai dari 1 bukan 0.

Pendeklarasian :



Menampilkannya :



  • Array yang indexnya di mulai dari 0 dan nomor indexnya diisi sercara otomatis :
Array ini lebih sering digunakan karena tidak membutuhkan banyak baris dan cara pemanggilannya pun sama.

Pendeklarasian :



Menampilkannya :



  • Array yang indexnya di mulai dari 0 dan nomor indexnya diisi sercara otomatis :
Bentuk array yang seperti ini lebih simple dan ini lebih sering saya gunakan.

Pendeklarasian :



Menampilkannya :



  • Array yang indexnya menggunakan string :
Array yang seperti ini sangat memudahkan kodinger saat mencari dan memanggil data dikarenakan indexnya menggunakan string.  

Pendeklarasian :



Menampilkannya :



  • Array yang indexnya menggunakan string dengan operator assignment :
Tak ada perbedaan dengan array yang menggunakan string sebelumnya namun hanya saja disini kita menggunakan operator assignment dan mengenai operator ini telah kita bahas di postingan Jenis-jenis dan Cara menggunakan operator dalam PHP

Pendeklarasian :



Menampilkannya :



Array Multi Dimensi :

array multi dimensi merupakan array yang biasanya digunakan untuk menampung data yang memiliki kriteria yang berbeda-beda misalnya untuk menampung nama barang, harga barang, dan lain-lain. array ini mirip persis dengan sebuah tabel yaitu memiliki baris dan kolom, dan jika kita ingin memanggil suatu data pada array ini maka kita harus menyebut nama variabel arraynya kemudian baris dan kolomnya contohnya : nama_array[baris][kolom] .di dalam array multidimensi strukturnya yaitu array di dalam array. untuk contohnya silahkan di coba seprti di bawah ini.
  • contoh pertama

Pendeklarasian :



Menampilkannya :



  • contoh kedua

Pendeklarasian :



Menampilkannya :



Cukup untuk materi mengenai array ini saya rasa harap anda paham dengan tulisan saya, jika ada yang kurang jelas silahkan berkomentar, maaf untuk artikel ini saya sangat kesusahan dalam menjelaskannya.

Oh iya Untuk memudahkan dalam penggunaan array kebanyakan programmer menggunakan sebuah perulangan untuk menginput dan menampilkan data array agar baris program lebih sedikit dan membuat koding cepat selesai.
Materi berikutnya : Perulangan dalam bahasa pemrograman php
2 Komentar untuk "Belajar Array Di Dalam PHP | Arian Saputra"

Berkomentarlah dengan Sopan. :)

Back To Top