Belajar Komputer Dasar Dan Bahasa Pemrograman

Cara Upgrade Ke Ubuntu 18.04 Tanpa Repot

Upgrade ubuntu dengan mudah dari semua versi ubuntu ke ubuntu atau linux terbaru. cara ini saya coba pada linux ubuntu, jika sobat menggunakan distro lain seperti kali linux, arc linux, linux mint atau yang lainnya juga bisa.

Pada tutorial ini saya berbagi cara upgrade ubuntu dari versi 17.10 (Artful Aardvark)  ke 18.04 (Bionic Beaver) yang rilis pada tanggal 26 april 2018 yaitu beberapa hari yang lalu dan pada akhir posingan saya akan memberikan informasi tentang apa saja hal yang baru pada ubuntu versi 18.04 ini.

Ada banyak cara install linux namun yang saya tulis disini adalah cara termudah yang pernah saya lakukan selama ini yaitu dengan menggunakan aplikasi yang sudah disediakan oleh linux yaitu dengan menggunakan paket update-manager-core Tentunya ini mempermudah para linuxer untuk mengupgarde versi linuxnya. Langsung saja ke tutorialnya :

Cara Upgrade Linux

  • Install update manager core :
  • $ sudo apt install update-manager-core
  • Update repository dan install versi terbaru :
  • $ sudo do-release-upgrade -d 
    ini akan mengecek versi terbaru dari  linux yang anda gunakan dan sekaligus menginstall versi terbarunya
    • Tekan enter untuk mengambil repository terbaru
    • Inputkan yN untuk melakukan pemasangan paket dari versi terbaru
    •   Jika sudah, maka paket update manager akan mendownload dan meinstall versi terbaru dari distro yan anda gunakan
    • Tunggu proses download selsai, usahakan menggunakan internet yang cepat agar proses download juga cepat, dalam tutorial ini saya menggunakan jaringan telkom dengan kecepatan Up To 2Mb/s menghabiskan waktu install dan download selama kurang lebih 1jam
    • Tunggu proses install
  • Proses Install Selesai
Selain dengan cara itu anda juga bisa menggunakan cara yang lebih mudah lagi yaitu dengan menggunakan update manager tools GUI.


Apa yang baru pada ubuntu versi 18.04 ?

  1. Repository otomatis di update tanpa harus menjalankan sintag sudo apt-get update
  2. Upgrade Kernel dari versi 4.13 ke versi 4.15 yang membuat perubahan pada CPU controller cgroup v2 interface, peningkatan pada keamanan enkripsi memory AMD, Menggunakan driver MD terbaru, peningkatan manejemen daya untuk SATA,
  3. Peningkatan dukungan untuk perangkat keras IBM dan INTEL dari linux 4.16
  4. Perubahan dasar yang diubah dari ubuntu versi 16.04 yaitu pada awal installasi, file swap akan digunakan secara default sebagai ganti partisi swap, jika anda tidak mengaturnya manual.
  5. Menggunakan Python versi 3.6
  6. Jika pada ubuntu sebelumnya hal yang di sarankan untuk di enkripsi yaitu home folder , namun pada versi 18.04 bukan hanya home folder namun menggunakan enkripsi full partisi, ini adalah berita buruk untuk para pencuri data.
  7. OpenSSH sekarang menolak menggunakan kunci RSA yang lebih kecil dari 1024 bit.
  8. Untuk ubuntu 18.04 server peningkatan veris LXD dari versi 2.18 ke versi 3.0 untuk lebih jelas tentang LXD bisa langsung ke https://linuxcontainers.org/lxd/
  9. Dan masih banyak hal-hal yang baru dari versi terbaru ini yaitu mengguakan GNOME versi terbaru, dan bug-bug lainnya yang bisa anda lihat sendiri di situs resminya https://wiki.ubuntu.com/BionicBeaver/ReleaseNotes https://wiki.ubuntu.com/ArtfulAardvark/ReleaseNotes
End Note :
  1. Jika disaat proses download paket aplikasi mengalami koneksi terputus atau komputer anda mati maka anda bisa menlanjutkanya dengan perintah sudo apt-get dist-upgrade,
  2. Jika pada proses extract paket aplikasi usahakan laptop anda tidak mati karena dari pengalaman saya hal ini bisa memunculkan masalah seperti blank screen, atau tidak bisa masuk ke desktopnya.
  3. Jika anda ingin men-shutdown laptop anda pada saat proses extracting berlangsung maka lakukan clean atau autoremove dengan cara , sudo apt-get clean dan sudo apt-get autoremove.
Sekian Tulisan Dari Saya, Terimakasih Sudah membaca di blog saya.
    Tag : Linux
    0 Komentar untuk "Cara Upgrade Ke Ubuntu 18.04 Tanpa Repot"

    Berkomentarlah dengan Sopan. :)

    Back To Top